Graffiti sebagai unsur hip hop Kaleng cat aerosol, alat Common grafiti modern Di Amerika sekitar akhir 1960-an, graffiti digunakan sebagai bentuk ekspresi oleh aktivis politik, dan juga oleh geng-geng seperti Skulls Savage, La Familia, dan Savage Pengembara untuk menandai wilayah. Menjelang akhir 1960-an, tanda-tag-penulis grafiti Philadelphia roti jagung, Best Earl dan Topcat 126 mulai muncul. [15] [16]. Roti jagung sering dikutip sebagai salah satu penulis paling awal grafiti modern [17]. Sekitar 1970-71, pusat inovasi grafiti pindah ke New York City di mana penulis mengikuti di belakang Taki 183 dan 168 Tracy jalan mereka akan menambah jumlah nama panggilan mereka, "bom" kereta dengan pekerjaan mereka, dan membiarkan kereta bawah tanah mengambil itu-dan ketenaran mereka, apakah itu mengesankan, atau hanya merasuk, cukup-"semua kota". Gelembung huruf awalnya memegang kekuasaan di antara para penulis dari Bronx, meskipun rumit Tracy menulis 168 dijuluki "Wildstyle" akan datang untuk mendefinisikan seni. [15] [18] trendsetter awal bergabung di tahun 70-an oleh seniman seperti Dondi, Zephyr dan Lady pink. [15] Graffiti adalah salah satu dari empat unsur utama dari kebudayaan hip hop (bersama dengan mengetuk, DJing, dan break dance). [19] Hubungan antara grafiti dan budaya hip hop muncul baik dari seniman grafiti awal mempraktekkan aspek-aspek lain hip hop, dan dipraktekkan di daerah-daerah di mana unsur-unsur lain hip hop sudah berkembang sebagai bentuk seni. Pada pertengahan tahun delapan puluhan, form akan bergerak dari jalan ke dunia seni. Jean-Michel Basquiat akan meninggalkan nya SAMO tag untuk galeri seni, dan bahkan seni jalanan koneksi ke hip-hop akan mengendur. Sesekali hip hop paeans untuk grafiti masih terdengar di seluruh sembilan puluhan, bagaimanapun, di trek seperti Artifacts ' "Salah Side of Da Trek" dan Perusahaan Arus's "Lune TNS". [15] Asal Modernis awal tanggal grafiti dapat kembali ke kotak mobil di awal 1920-an namun gerakan graffiti terlihat dalam dunia kontemporer saat ini benar-benar berasal melalui pikiran aktivis politik dan anggota geng tahun 1960-an [20]. The "perintis era" dari grafiti terjadi selama tahun 1969 sampai 1974. Periode waktu ini adalah masa perubahan dalam popularitas dan gaya. New York City menjadi hub baru (resmi Philadelphia, Pennsylvania) dari grafiti tag dan gambar. Grafiti seniman selama periode ini berusaha untuk menempatkan sebanyak mungkin tanda-tanda naik di sekitar kota. Ini adalah tujuan akhir dari pemaparan. Segera setelah migrasi dari Philadelphia ke NYC, kota yang dihasilkan salah satu seniman grafiti yang pertama untuk mendapatkan perhatian media di New York, Taki 183. 183 Taki adalah seorang pemuda dari Washington Heights, Manhattan yang bekerja sebagai utusan kaki. Tag-Nya adalah campuran dari namanya Demetrius (Demetraki), Taki, dan nomor jalan, 183. Menjadi utusan kaki, ia terus-menerus di kereta bawah tanah dan mulai memasang tag-nya di sepanjang perjalanan. Melahirkan tahun 1971 ini artikel di New York Times yang berjudul " 'Taki 183' menumbuhkan Pen Pal". [10] [16] [21] Julio 204 juga dikreditkan sebagai penulis awal, meskipun tidak diakui pada saat di luar grafiti subkultur. Nama-nama terkenal lainnya dari waktu itu adalah: Tetap Tinggi 149, FASE 2, Stitch 1, Joe 182, SMP 161 dan Cay 161. Barbara 62 dan Eva 62 juga penting seniman grafiti awal di New York, dan merupakan wanita pertama menjadi terkenal untuk menulis grafiti. Juga berlangsung selama era ini adalah gerakan dari luar kota di jalan-jalan ke kereta bawah tanah. Graffiti juga melihat benih-benih pertama kompetisi di sekitar waktu ini. Tujuan dari sebagian besar seniman saat ini adalah "bangun": memiliki banyak tag dan bom di tempat sebanyak mungkin. Seniman mulai masuk ke kereta bawah tanah meter untuk mencapai kereta sebanyak yang mereka bisa dengan risiko yang lebih rendah, lebih sering menciptakan karya seni yang rumit sepanjang sisi mobil kereta bawah tanah. Ini terjadi ketika tindakan pengeboman dikatakan secara resmi didirikan. Contoh grafiti "tag" By 1971 tags mulai mengambil kaligrafi tanda tangan mereka penampilan karena, karena jumlah besar seniman, masing-masing seniman grafiti memerlukan cara untuk membedakan diri mereka sendiri. Selain dari tumbuh kompleksitas dan kreativitas, tag juga mulai tumbuh dalam ukuran dan skala - misalnya, banyak seniman sudah mulai meningkatkan ukuran huruf dan garis ketebalan, serta mencantumkan tag mereka. Hal ini melahirkan apa yang disebut 'karya' atau 'bagian' pada tahun 1972. Super Kool 223 dikreditkan sebagai yang pertama untuk melakukan potongan-potongan. [22] [23] [24] Penggunaan desain seperti bintik-bintik, crosshatches, dan catur menjadi semakin populer. Menggunakan cat semprot meningkat secara dramatis di sekitar kali ini sebagai seniman mulai memperluas pekerjaan mereka. "Top-to-bottom", karya-karya yang menjangkau seluruh tinggi mobil kereta bawah tanah, membuat penampilan pertama mereka di waktu ini juga. Keseluruhan kreativitas dan artistik pematangan periode ini tidak tidak diketahui oleh mainstream - Hugo Martinez mendirikan Amerika Graffiti Artists (UGA) pada tahun 1972. UGA terdiri dari banyak seniman grafiti atas waktu, dan bertujuan untuk menyajikan grafiti di sebuah galeri seni pengaturan. Pada tahun 1974, seniman grafiti mulai menggabungkan penggunaan pemandangan dan kartun karakter ke dalam pekerjaan. TF5 (The Fabulous Lima), adalah seorang kru yang dikenal rumit yang dirancang untuk seluruh mobil. [25] Pertengahan tahun 1970-an Pada pertengahan 1970-an waktu, paling standar telah ditetapkan dalam grafiti menulis dan budaya. Terberat "bom" dalam sejarah Amerika Serikat terjadi di periode ini, sebagian karena hambatan ekonomi di New York City, yang membatasi kemampuannya untuk memerangi bentuk seni ini dengan program-program penghapusan grafiti atau transit pemeliharaan. Juga selama waktu ini, "top-to-bottom" berevolusi untuk mengambil seluruh kereta bawah tanah mobil. Sebagian besar catatan-layak era ini terbukti pembentukan "membuang-up", yang lebih kompleks daripada sederhana "penandaan," tapi tidak rumit sebagai "bagian". Tidak lama setelah perkenalan mereka, melempar-up menyebabkan perlombaan untuk melihat siapa yang bisa melakukan jumlah terbesar melempar-up dalam waktu paling sedikit. Grafiti menulis itu menjadi sangat kompetitif dan seniman berusaha untuk pergi "semua kota," atau memiliki nama-nama mereka dilihat di semua lima borough of NYC. Akhirnya, standar yang telah ditetapkan pada awal tahun 70-an mulai menjadi stagnan. Perubahan sikap ini membuat banyak seniman ke tahun 1980-an dengan sebuah keinginan untuk memperluas dan perubahan. Modern grafiti di kereta Akhir 1970-an dan awal 1980-an membawa gelombang baru kreativitas ke TKP. Sebagai pengaruh grafiti tumbuh luar Bronx, sebuah gerakan grafiti dimulai dengan dorongan Friendly Freddie. Fab 5 Freddy (Fred Brathwaite) adalah salah satu sosok grafiti populer saat ini, yang dimulai di Brooklyn "dinding-kelompok penulis." Dia mencatat bagaimana perbedaan dalam teknik semprot dan surat-surat antara Upper Manhattan dan Brooklyn mulai bergabung pada akhir 70-an: "keluar dari yang datang 'Wild Style'." [26] Fab 5 Freddy seringkali dianggap berjasa dengan membantu untuk menyebarkan pengaruh grafiti dan musik rap luar fondasi awal di Bronx, dan membuat link yang sebagian besar pusat kota putih adegan seni dan musik. Saat itu sekitar waktu ini bahwa dunia seni yang mapan mulai menjadi reseptif terhadap budaya grafiti untuk pertama kalinya sejak Hugo Martinez's Razor Gallery di awal 1970-an. Itu juga, Namun, gelombang terakhir pengeboman sejati sebelum Transit Authority membuat grafiti pemberantasan prioritas. MTA (Metro Transit Authority) mulai memperbaiki pagar halaman, dan menghapus grafiti konsisten, berjuang melawan gelombang grafiti seniman. Dengan MTA memerangi para seniman dengan menghapus karya mereka sering membuat banyak seniman untuk berhenti karena frustrasi, karena pekerjaan mereka terus-menerus dibuang. Penyebaran budaya grafiti Pada tahun 1979, artis grafiti Lee Quinones dan Fab 5 Freddy diberi pembukaan galeri seni di Roma oleh Claudio agen Bruni. Bagi banyak di luar New York, itu adalah pertemuan pertama mereka dengan bentuk seni. Fab 5 Freddy persahabatan dengan Debbie Harry Blondie dipengaruhi tunggal "Kiamat" (Chrysalis, 1981), video yang menampilkan Jean-Michel Basquiat dari SAMO © Graffiti, dan menawarkan banyak pertama mereka melihat gambaran dari unsur-unsur grafiti dalam hip hop budaya. Lebih penting di sini adalah Ahearn Charlie's independen merilis film fiksi Wild Style (Wild Style, 1982), dan dokumenter PBS awal Style Wars (1983). Lagu-lagu hit seperti "The Message" dan "Planet Rock" dan video musik yang menyertai mereka (keduanya 1982) berkontribusi pada semakin meningkatnya minat di luar New York di semua aspek pinggul Perang hop.Style digambarkan tidak hanya terkenal seperti artis grafiti Skeme, Dondi , MinOne dan Zephyr, tetapi juga diperkuat peran grafiti dalam muncul di New York budaya hip hop terkenal dengan menggabungkan break dance awal kelompok-kelompok seperti Rock Steady Crew dalam film yang juga memiliki fitur rap hanya soundtrack. Style Wars masih diakui sebagai film paling produktif representasi apa yang sedang terjadi di dalam budaya hip hop muda pada awal tahun 1980-an. [27] Fab 5 Freddy dan Futura 2000 mengambil hip hop grafiti ke Paris dan London sebagai bagian dari New York Rap City Tour pada tahun 1983. [28] Hollywood juga diperhatikan, konsultasi para penulis seperti FASE 2 seperti yang digambarkan budaya dan memberikannya eksposur internasional dalam film seperti "Beat Street (Orion, 1984). Periode ini juga melihat munculnya grafiti stensil baru genre. Beberapa contoh pertama diciptakan ca 1981 oleh seniman grafiti Blek le Rat di Paris; pada tahun 1985 stensil telah muncul di kota-kota lain seperti New York City, Sydney dan Melbourne, di mana mereka didokumentasikan oleh fotografer Amerika dan Australia Charles Gatewood photograher Rennie Ellis [ 29]. New York City menurun Etalase grafiti dari restoran antara World Trade Center dan Chinatown, di New York City. Sama seperti budaya menyebar di luar New York dan di luar negeri, aspek budaya grafiti di New York dikatakan memburuk hampir sampai ke titik kepunahan. Penurunan yang cepat dalam menulis adalah karena beberapa faktor. Jalan-jalan menjadi lebih berbahaya karena adanya epidemi retak berkembang, undang-undang ini dilakukan untuk membuat hukuman untuk para seniman grafiti yang lebih berat, dan pembatasan penjualan cat dan ditampilkan membuat perlombaan (mencuri) bahan sulit. Atas segalanya, MTA sangat meningkatkan anggaran anti-grafiti. Banyak situs yang menjadi favorit lukisan yang dijaga ketat, pekarangan itu patroli, pagar yang lebih baru dan lebih baik didirikan, dan Buffing keping kuat, berat, dan konsisten. Sebagai hasil dari kereta bawah tanah yang lebih keras untuk melukis, lebih banyak penulis pergi ke jalan-jalan, yang sekarang, bersama dengan kotak komuter kereta dan mobil, yang paling lazim bentuk tulisan. Banyak seniman grafiti Namun, memilih untuk melihat masalah-masalah baru sebagai tantangan bukan alasan untuk berhenti. Sebuah kerugian untuk tantangan ini adalah bahwa para seniman menjadi sangat teritorial menulis baik bintik-bintik, dan kekuatan dan kesatuan dalam jumlah menjadi semakin penting. Beberapa seniman grafiti mentionable dari era ini adalah Blade, Dondi, Min 1, Quik, Seen dan Skeme. Hal ini dinyatakan sebagai end untuk kereta bawah tanah NYC biasa grafiti seniman, dan tahun-tahun akan mengikuti hanya dihuni oleh beberapa orang menganggap apa yang paling "mati keras" seniman. Orang sering menemukan bahwa membuat grafiti di sekitar area lokal adalah cara mudah untuk tertangkap sehingga mereka melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang berbeda. New York 1985-1989 Tahun-tahun antara 1985 dan 1989 menjadi dikenal sebagai "mati keras" era. Sebuah gambar terakhir bagi seniman grafiti kali ini adalah dalam bentuk mobil kereta bawah tanah diperuntukkan bagi halaman memo. Dengan peningkatan keamanan, kebudayaan telah mengambil langkah mundur. Rumit sebelumnya "pembakar" di bagian luar mobil sekarang diwarnai dengan spidol sederhana tag yang sering basah kuyup cat. Pada pertengahan tahun 1986, MTA dan CTA menang mereka "perang terhadap grafiti," dan penduduk seniman grafiti aktif berkurang. Sebagai penduduk seniman diturunkan agar melakukan kekerasan yang berhubungan dengan grafiti awak dan "pengeboman." Atap juga sedang billboard baru untuk beberapa 80's penulis. Beberapa seniman grafiti terkenal era ini adalah Cope2, Claw Money, Sane Smith [30], Zephyr dan T Kid. [31] New York era Gerakan Bersih Kereta Zaman sekarang di grafiti dicirikan oleh mayoritas seniman grafiti bergerak dari gerbong kereta bawah tanah atau untuk "galeri jalanan." Kereta Bersih Gerakan dimulai pada Mei 1989, ketika New York berusaha untuk menghapus semua mobil kereta bawah tanah yang ditemukan dengan grafiti pada mereka keluar dari sistem transit. Karena ini, banyak seniman grafiti untuk menggunakan cara-cara baru untuk mengekspresikan diri. Banyak kontroversi muncul di antara jalan-jalan grafiti memperdebatkan apakah harus dianggap sebagai bentuk seni yang sebenarnya. [32] Sebelum Kereta Api Bersih Gerakan, jalan-jalan sebagian besar tidak disentuh hanya di New York, tapi di kota-kota besar lainnya Amerika juga. Setelah transit tekun perusahaan mulai membersihkan kereta api, grafiti menghambur ke jalan-jalan Amerika untuk mengharapkan sebuah un-un-menghargai publik. Pejabat kota di tempat lain di negara sombong beranggapan bahwa grafiti geng terbatas merupakan penyakit sebagian besar ke Big Apple Tidak lebih. Smear yang bergaya dilahirkan di Bronx Selatan telah menyebar di seluruh negeri, meliputi bangunan, jembatan dan jalan raya di setiap pusat perkotaan. Dari Philadelphia ke Santa Barbara, Calif, biaya tahunan membersihkan setelah seniman bawah tanah menjulang ke miliaran. [33] Selama periode ini banyak seniman grafiti yang diambil untuk menampilkan karya-karya mereka di galeri dan memiliki studio mereka sendiri. Praktek ini dimulai pada awal 1980-an dengan artis seperti Jean-Michel Basquiat, yang mulai dari lokasi penandaan dengan tanda tangannya SAMO (Same Old Shit), dan Keith Haring, yang juga mampu membawa seni ke ruang studio. Dalam beberapa kasus, seniman grafiti telah mencapai rumit seperti grafiti (terutama yang dilakukan untuk mengenang orang yang meninggal) di gerbang depan toko yang pemilik toko telah ragu-ragu untuk menutupi mereka. Di Bronx setelah kematian rapper Big Pun, beberapa mural hidupnya didedikasikan untuk dilakukan oleh BG183, Bio, Lebih enak lemak dalam sekejap muncul CRU; [34] serupa outpourings terjadi setelah kematian dari The Notorious BIG, Tupac Shakur, Big L, dan Jam Master Jay. [35] [36] | ||
> swap |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar